Penguatan Pusinfo PPDI

 
Yogyakarta :  Senin, 10 Januari 2011 di hotel Yogyakarta diadakan Konsolidasi TIM dan Workshop Pusat informasi Persatuan Perangkat Desa Indonesia. ( Pusinfo PPDI ) yang mengambil tema ”Mengukir Karya Menjadi Cerita”. Dalam acara ini, PP RPDN mengambil peran aktif sebagi insiator dan fasilitator penyelenggaraan kegiatan.
Peran serta RPDN lebih dengan pertimbangan bahwa semangat yang diusung RPDN salah satunya adalah mencerdaskan masyarakat Desa dan peningkatan Profesionalitas Aparatur Desa.
PPDI sebagai organisasi perangkat desa yang juga sebagai aparatur desa dipandang sangat tepat sebagai sarana pelaksanaan semangat RPDN, disisi yang lain ketua RPDN juga sebagai salah satu penasehat Pusat PPDI.
Informasi adalah sumber kekuatan
Menurut John Naisbitt, sumber kekuatan baru bukanlah uang yang berada dalam genggaman tangan beberapa orang, namun informasi di tangan orang banyak, Artinya kekuatan baru dalam sebuah komunitas tergantung pada bagaimana komunitas itu mampu menyebarluaskan informasi yang dimiliki secara cerdas, tegas dan luas.
Pusinfo PPDI (Pusat Informasi Persatuan Perangkat Desa Indonesia) dibangun dengan kepentingan menyebarluaskan informasi organisasi dalam rangka mendukung sukses organisasi (PPDI), Pusinfo PPDI harus mampu menjadi salah satu sumber sumber kekuatan bagi perjalanan perjuangan perangkat desa.
Pusinfo memiliki peran penting dalam mengumpulkan segala macam informasi seputar kegiatan komunitas perangkat desa melalui jaringan “pemberita”. Sasaran yang harus dicapai adalah Pusinfo mampu menjadi sarana penyadaran dan  pembelajaran peningkatan kapasitas anggota menuju pada sukses program PPDI. Jajaran Pusinfo harus berusaha untuk meningkatkan harkat dan martabat anggota dengan saling melayani dalam informasi atau berita berlandaskan saling percaya.
Dalam rangka menuju sukses Pusinfo melayani informasi dan berita untuk anggota PPDI, maka perlu dikembangkan sikap dasar utama bagi anggota Pusinfo. Sikap dasar itu adalah (1) suka belajar (2) setia kawan dan (3) mandiri
Pada Saat bersama Pusinfo PPDI juga menerima tamu Puslitbang Kemendagri Region Bukittinggi Sumbar yang secara khusus hadir untuk melihat program sistem Informasi Kependudukan yang dikembangkan oleh Tim Pusinfo PPDI.

SETIA KAWAN, LOYAL PADA PPDI
Dalam perkembangannya setiap anggota Pusinfo harus memperhatikan kepentingan PPDI dari pada kepentingan diri sendiri, tidak hanya memikirkan diri sendiri, melainkan harus saling melayani anggota PPDI serta harus selalu ingat akan kewajibannya; memberikan informasi yang akurat di tepat waktu

KEMANDIRIAN
Pada setiap anggota Pusinfo harus berusaha membiayai dirinya sendiri agar semakin kuat & sehat. Pembiayaan yang dimaksud antara lain kebutuhan peliputan, dokumentasi dan akses data. Dengan kemandirian, maka harkat dan martabat anggota akan terjaga dengan kekuatan anggota itu sendiri
Partisipasi terpenting anggota Pusinfo adalah dengan mengontribusikan informasi sebanyak – banyaknya seputar PPDI, kegiatan desa dan perangkat desa dari masing masing wlayah kerjanya.

SUKSES  PUSINFO adalah SUKSES PPDI
Kesuksesan sebuah pusat informasi adalah kemampuan memberikan berita dan data yang cepat akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Diluar dari kecepatan keakuratan dan dapat dipertanggungjawabkan adalah seluas apa terdistribusinya informasi kepada anggota PPDI.
Ketika teknologi informasi menjadi semakin terjangkau, maka langkah yang dilakukan Pusinfo dengan mengembangkan situs informasi internet adalah langkah yang sangat tepat. Yang menjadi tantangan berikutnya adalah pengembangan informasi cetak yang dapat didistribusikan langsung pada anggota yang tidak familiar dengan internet.
Pengurus PPDI dan Pengelola Pusinfo harus mengerti dan memahami bahwa peran Pusinfo adalah pembantu PPDI dalam mendesiminasikan informasi pada anggota. Sukses Pusinfo hanya akan dirasakan oleh PPDI bukan oleh pihak lain.

Salam Pusinfo …….. Go go go…. PPDI…………… Yes yes yes

http://www.rpdn.org/2011/01/penguatan-pusinfo-ppdi/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANGGARAN DASAR PPDI ( PERSATUAN PERANGKAT DESA INDONESIA )

CARA MUDAH MENG-CRACK SOFTWARE